Perbedaan Sebuah Android Dengan iPhone

Smartphone hingga saat ini sudah semakin menjadikannya sebagai keperluan sehari-hari yang mana sangat berguna membantu kebutuhan kita. Smartphone sendiri tidak akan lepas dari dua raksasa smartphone yang sangat populer. Android merupakan sistem operasi mobile buatan Google yang mana telah menjadi debat kusir saat membandingkan sevata langsung antara Android dengan iPhone. iPhone ini sendiri terkesan bekerja lebih intuitif daripada smartphone yang berbasis android.

Sistem operasi iOS didesain selaras dengan iPhone sedangkan android didesain agar dapat kompatibel di berbagai varian pabrik smartphone. iPhone sendiri memiliki kesan yang mudah digunakan serta simple. Sedangkan kontrol pada touch screen yang intuitif akan semakin menambah kesan yang ringan dan interaktif serta handal pada operasi sistem.

Perbedaan Sistem Operasi Android Dengan iOS

1. Kustomisasi Tampilan

Daftar yang pertama ini bisa kita lihat dari interface atau antarmuka yang mana keduanya baik sistem operasi android dan iOS memiliki kesamaan berupa gerakan sentuh. Sistem operasi Android ini sendiri juga memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi tampilan seperti menambahkan widget dan shortcuts pada halaman home atau mengubah tampilan UI menggunakan aplikasi launcher.

2. Toko Aplikasi Resmi

Selanjutnya adalah smartphone yang sudah dilengkapi dengan berbagai toko aplikasi yang menyedian berbagai aplikasi menarik yang bisa didonwload oleh pengguna. Meski hal kedua ini memiliki toko aplikasi, hanya saja toko aplikasi ini tersedia di android dan iOS yang berbeda. Android ini dibekali aplikasi bernama Google Play yang bebas dan mudah diakses melalui peran handphone atau PC. iOS sendiri memiliki toko aplikasi bernama App Store yang bisa diakses melalui perangkat besutan Apple.

3. Model Sumber (Source)

Perbedaan lainnya adalah kesua sistem operasi yang merupakan model sumber atau source-nya. Android ini sendiri merupakan operasi sistem yang memungkinkan untuk dimodifikasi secara bebas melalui pengguna. iOS merupakan sistem operasi dengan sumber yang tertutup atau “closed source” sehingga pengguna perangkat dengan OS yang tidak diberikan kebebasan untuk mengubah perangkat yang sesuai dengan keinginannya sendiri.

4. Asisten Virtual

Berikutnya adalah perkembangan teknologi yang membekalkan sistem operasi dengan asisten virtual pribadi yang dapat membantu memudahkan pengguna. Dimana kalian bisa membuat perintah menggunakan bantuan dari asisten virtual. Sistem operasi Android sendiri mengandalkan asisten virtual bernama Google Assistant. Kedua asisten virtual ini memiliki fungsi yang sama dalam membantu penggunanya.

5. Berbagi Data

Dan yang terakhir adalah salah satu aktivitas yang sering digunakan dalam smartphone. Dimana hal ini sangat sulit dilakukan oleh pengguna, karena perangkat iOS tidak bisa melakukan sharing data ke perangkat lain yang berbeda dengan OS, kecuali iTunes. iOS sendiri sering sekali disebut sebagai perangkat anti sosial karena keterbatasan tersebut. Sementara di perangkat android ini bisa secara bebas berbagi data ke perangkat lain baik menggunakan bluetooth ataupun kabel USB. Dimana keterbatasan yang dimiliki iOS ini dapat membuat iOS sulit terserang virus yang berpotensi dalam merusak sebuah file.

Nah itu dia 5 daftar perbedaan iPhone dengan Android. Manakah yang kalian sukai, apa kalian lebih menyukai fitur yang ad apada android atau pada iPhone? Sekain informasi ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian untuk memberikan referensi pilihan yang dapat mempermudah kalian dalam memilih manakah yang terbaik apakah android ataukah iPhone?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *