Kelebihan Serta Kekurangan yang Dimiliki Android Pie

Android Pie merupakan salah satu pembaharuan terakhir dari sistem operasi yang dirilis Google untuk smartphone Android pada bulan Agustus tahun 2018 kemarin. Jenis android ini sudah semakin canggih, di mana Artificial Intelligence (AI) sudah semakin dekat dengan berbagai kehidupan kita sehari-hari. Tidak terkecuali dengan sistem operasi Android Pie. Dengan memanfaatkan AI ini sistem operasi menawarkan berbagai fitur yang canggih dan futuristik bagi pengguna. Kali ini kami akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Android Pie berikut ini.

Kelebihan Android Pie yang Wajib Kalian Ketahui

1. User Interface yang Lebih Berwarna

Android Pie memiliki kelebihan dari segi visualnya di mana interface yang ditampilkan lebih berwarna-warni dan enak dipandang oleh mata. Tidak hanya itu saja, akan hadir ikon yang berada di menu utama dengan memiliki pinggiran yang melengkung, sehingga memiliki ksan yang smooth serta rapi. Tidak hanya itu saja, gerakan animasi yabg ditampilkan android ini juga diperhalus supaya dapat memanjakan mata yang sering berjam-jam menatap layar.

2. Adaptive Battery

Selanjutnya adalah sebuah fitur yang diklaim dapat menghemat baterai hingga 30%. Di mana fitur ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak pola penggunaan aplikasi oleh pengguna, termasuk kapan waktu pemakaiannya. Aplikasi ini juga akan mendapatkan prioritas resource dan baterai untuk menjalankan background.

3. Sistem Navigasi Berbasis Gesture

Smartphone ini rata-rata sudah menggunakan full screen display yang mana layar penuh dengan notch kecil yang menjadi populer akhir-akhir ini. Tombol navigasi yang ada di bawah ini juga dimodifikasi Google supaya dapat disembunyikan dari tampilan. Di android ini, kalian bisa menggunakan tiga tombol navigasi pada bagian bawah. Kali ini saat menggunakan Android Pie di semua tombol navigasi diganti dengan model baru. Sistem bavigasi dubuat simple dengan gesture serta gerakan yang dilakukan dengan geser ke kiri, kanan, atas, serta memiliki fungsi masing-masingnya.

4. Dukungan Terhadap Notch

Android Pie juga menghadirkan fasilitas simulasi notch yang mana menguntungkan developer bagi para pengguna. Di mana kalian dapat mengaktifkan Developer Mode, lalu mengaktifkan pilihan Simulate a display with a cutout di bagian Drawing.

5. Peningkatan Keamanabn dan Privasi Menggunakan Fitur Lockdown

Fitur keamanan modern seperti face unlock, voice unlock, atau fingerprint yang bisa saja orang lain menggunakan jari atau wajah kalian secara tidak sadar untuk dapat membuka kunci layar smartphone kalian. Fitur ini menjadi kelebihan yang bisa kalian manfaatkan untuk mengatur HP kalian hanya dapat dibuka oleh pin maupun password.

Kekurangan Android Pie

Selain kelebihan terdapat juga beberapa kekurangan yang wajib kalian ketahui, sebagai berikut.

1. Tombol Pengaturan yang Sulit

Banyak orang yang tidak bergitu menyukai konsep desain, layaknya salah satu konsep yang tidak disukai adalah dengan memindahkan tombol pengaturan di Notification Shade. Posisi yang berada di bagian bawah ini, sehingga kalian tidak bisa hanya menurukan Notification Shade untuk masuk ke pengaturan.

2. Navigasi Gesture yang Kurang Kencang

Penggunaan navigasi gesture pada android juga dianggap tidak terlalu baik, tetapi mempersulit navigasi smartphone. Desain untuk navigasi yang lebih kencang, nyatanya navigasi berbasis gesture/ swipe ternyata lebih lamban dibandingkan menggunakan tombol. Kontrol berbasis gesture ini dikayakan jauh dari kata sempurna yang cenderung menghambat pengguna.

Nah itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan Android Pie yang wajib kalian ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *