Cara Mengamankan Ponsel Android dari Peretasan

Peretasan smartphone bisa membahayakan kredensial keamanan identitas pemilik serta privasi seseorang tanpa kita ketahui. Pelaku juga akna terus meningkatkan metode peretasan yang membuat kita semakin sulit untuk dikenali. Peretasan ini dapat melibatkan metode dimana seseorang memaksa akses ponsel kalian. Peretasan ini juga terjadi pada semua jenis merej ponsel, baik android maupun iOS.

Jika seseorang meretas smartphone kalian, maka ponsel kalian akan merasakan daya ponsel yang mudah cepat habis, ponsel tidak bekerja secara optimal atau lambat, panggilan atau SMS aneh, dan juga aktivitas aneh yang ada di akun aplikasi media sosial kalian. Hal ini pasti akan meresahkan pemilik baik saat menggunkan smartphone atau tidak. Hal ini juga akan sangat merugikan pemilik, karena akan besar kemungkinan digunakan untuk menipu dan melakukan kejahatan melalui identitas kita.

Nah kali ini kami akan memberikan beberapa tips menghindari peretasa ponsel. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Tips Menghindari Ponsel dari Peretasan

1. Tidak Menggunakan Aplikasi Sideload

Aplikasi sideload merupakan salah satu proses yang memungkinkan kalian menginstal aplikasi di perangkat mobile tanpa melalui toko aplikasi resmi. Sideload ini merupakan istilah yang merujuk untuk mentranfer file antara dua perangkat lokal tanpa menggunakan internet. Karena internet tidak akan terlibat, mentransfer file dengan menggunakan pemuatan sisi yang hanya memerlukan penggunaan Wi-Fi, Bluetooth, serta kartu memori fisik.

2. Menggunakan Kunci Keamanan yang Kuat

Kalian bisa menggunakan setidaknya kode enam digit yang mana bukan berarti kode empat digit ini tidak cukup kuat. Hanya saja kalian akna lebih tergoda untuk menggunakna kunci biometrik seperti sidik jari maupun pengenalan wajah. Tetapi kalian pikirkan baik-baik karena pengenalan wajah bisa dibodohi dalam berbagai kasus. Belum lagi jika seseorang membuka kunci ponsel kalian secara paksa dan mengarahkan ke wajah kalian atau meletakkan jari kalian sebagai pemindainya.

3. Menghindari Penggunaan Wifi Publik

Hal ini harus kalain hindari, karena saat kalian menggunakan jaringan WiFi publik dengan pengguna lain yang tidak kalian kenal, maka  perangkat kalian dapat saling melihat lalu lintas jaringan. Maksudnya adalah setiap data yang tidak terenkripsi yang dikirim melalui ponsel kalian dapat dibaca dnegan pengguna lain dengan kata sandi WiFi.

4. Menggunakan VPN

Jika kalian harus menggunakan jaringan Wi-Fi publik, maka kalian harus menggunakan VPN untuk bisa mengenkripis seluruh data yang melewati berbagai koneksi jaringan yang kalian miliki.

5. Menggunakan biometrik Killswitch

Dan tips terakhir yang bis akalian lakukan adalah jika kalian ingin tetap memaksakan diri untuk menggunakan kunci pengaman biometrik pada perangkat iOs yang dikenal sebagai biometrik killswitch. Killswitch ini merupakan salah satu teknologi autentikasi yang bisa mengidentifikasi dan secara proaktif mencegah adanya sernagan brute force pada sbeuah login akun, proses reset password, hingga verifikasi transaski dan request auntetikasi lainnya. Data aksi yang terjadi bis akalian kumpulkan sehingga bisa digunakan untuk mencegah upaya pembobolan akun web maupun mobile secara real time.

Di android pie dan sistem pemabaharuan yang baru, kalian bisa membuka setelan posel dan mencari sesuatu yang ada di Lock Screen Setings atau Secure Lock Screen Settings. Dimana kata opsi ini berbeda memungkinkan kalian bergantung pada merek ponsel kalian.

Nah itu dia tips dari kami jaga smartphone kalian daripada penyabotasean data diri kalian dari berbagai kejahatan dunia maya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *